Tips Dan Cara Membuat Lampion Terbang Yang Mudah

Tips Dan Cara Membuat Lampion Terbang Yang Mudah

Bacayuk.com – Kali ini saya akan membahas tentang tips dan cara membuat lampion terbang. Sebelumnya kita perlu tau apa lampion itu. Lampion adalah lampu buatan yang pencahayaannya bersumber dari lilin dan dibungkus dengan kertas khusus. Kalau berbicara lampion memang tidak bisa lepas dari budaya Cina, khususnya Imlek dan Cap Go Meh. Iya, dalam sejarah disebutkan bahwa pemasangan lampion sudah dilakukan di Cina sejak zaman Dinasti Xi Han, sekitar abad ke-3 masehi. Makanya banyak yang menyebut lampion Cina.

Umumnya lampion berbentuk bulat dan sumber pencahayaanya dari lilin. Namun di era modern, bentuk lampion sudah sangat beragam. Sumber pencahaayaannya pun banyak yang menggunakan lampu listrik.

Langsung aja, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan

Alat dan Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Lampion Terbang

Berikut beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu:

  1.  Cutter atau pisau,
  2. Tang, gunakan tang yang kecil aja agar mudah dalam penggunaan.
  3. Gunting,
  4.  Kertas. Gunakan kertas yang ringan. Kertas yang biasa digunakan adalah kertas untuk membuat layang-layang.
  5. Kapas kurang lebih 10 gram
  6. Lilin. Kapas dan lilin digunakan sebagai bahan bakar. Agar lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan parafin. Parafin adalah jenis bahan bakar instan yang sering dipakai anak-anak pecinta alam kalau lagi hiking.
  7. Kawat tembaga,
  8. Lem atau double tip, dan yang terakhir
  9. Bambu, lidi atau rotan.

Langkah-langkah Membuat Lampion Terbang

Setelah peralatan dan bahan tersebut sudah tersedia, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bentuk kertas yang sudah disediakan sehingga berbentuk hati namun bagian bawahnya dipotong agar tidak meruncing. Ya namanya lampion bawahnya pasti bolong toh. Diameter kertas yang sudah berbentuk tadi sekitar 45cm dan tinggi sekitar 70cm. Kamu bisa mengatur bentuk dan ukuran sesuai keinginan kamu, ngga harus persis dengan tutorial ini.
  1.  Potong bambu dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang sekitar 1 meter. Raut hingga lebih bersih dan tipis. Kemudian bentuk menjadi bentuk lingkaran. Jika susah, bakar bagian tertentu dari bambu dengan lilin agar lebih mudah dibengkokkan. Ukuran panjang bambu ini menyesuaikan dengan seberapa besar ukuran lampion yang ingin kamu buat.
  1. Pasang kawat di bambu yang sudah berbentuk lingkaran. Ikat di empat titik sehingga kawat membentuk tanda “+” di dalam lingkaran bambu tersebut. Gunakan tang untuk memudahkan.
  1. Letakkan parafin di bagian tengah kawat yang sudah terpasang di lingkaran bambu. Asumsinya kita tidak menggunakan kapas dan lilin tapi menggunakan parafin.
  1. Pasang double tip di beberapa titik pada kertas yang sudah berbentuk tadi sebagai perekat di bambu. Agar lebih kuat, pasanga double tip yang banyak. Kamu juga bisa menggunakan lem sebagai pengganti double tip.
  1. Rekatkan bagian bawah kertas yang sudah berbentuk tadi dengan bambu sehingga membentuk lampion pada umumnya.
  1. Taa daa, lampion sudah jadi dan siap diterbangkan. Jangan lupa dibakar dulu tapi parafinnya ya, hehe.

Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan

  1. Pastikan di tempat yang akan kamu gunakan untuk menerbangkan lampion tidak ada pepohonan atau tiang listrik. Bisa-bisa lampion kamu malah nyangkut, hehe.
  2. Ukuran dan model lampion sesuai selera kamu.
  3. Kamu juga bisa menggunakan jenis kertas yang lain, namun pastikan itu jenis kertas yang ringan agar mudah terbang.

 

Itulah tips dan cara membuat lampion terbang yang dapat saya bagikan untuk pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat..

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *