narkoba jenis flakka

Ternyata Narkoba Jenis Flakka Yang Buat 35 Orang Di Rawat Di Kendari

Bacayuk.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Murniati mengungkapkan bahwa kasus penyalahgunaan obat yang terjadi di Kendari masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hingga saat ini, pihak BNN Kendari mencatat sudah ada 35 orang yang dirawat di beberapa Rumah Sakit dalam kota Kendari, dan diperkirakan akan ada lagi korban yang mendatangi rumah sakit. Satu orang di antaranya yakni siswa sekolah dasar telah meninggal.

“Peristiwa ini merupakan kejadian luar biasa atau KLB karena kejadian itu merupakan yang pertama kalinya di Kota Kendari, ” ungkap Murniati di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari, Rabu (13/9/2017).

Dari semua pasien yang dirawat dalam beberapa rumah sakit, ada antara lain memiliki kesamaan ciri-ciri fisik berupa luka di bagian tubuhnya. Di rumah sakit Bhayangkara Kendari, lanjut Murni, ada tiga anak yang tidak sadarkan diri dan penuh luka pada tubuhnya.

“Mirip-mirip flakka yang mereka konsumsi, di-mixed barang baru. Sudah disebarkan & ini kira-kira baru dua hari menyerap dan mereka racik sendiri, bukan pabrik yang resmi, abal-abal. Informasi yang kami dapat anak SMP 17m cairan itu dicampur dalam minum ale-ale, sampai sekarang masih mabuk, ” ucapnya.

Untuk anak SD kelas 6 yang menyisih itu diberikan sama tantenya. Sementara sekarang, tante dari anak tersebut masih Sakau.

Sebelumnya, puluhan orang termasuk di antaranya remaja dan pelajar di Metropolis Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (13/9/2017) dilarikan ke beberapa graha sakit di wilayah tersebut, lantaran mengalami gangguan mental usai mengonsumsi obat- obatan yang belum diketahui jenisnya.

Seorang korban yang masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dilaporkan tenang. Sebanyak 13 orang dilarikan ke Wisma Sakit Arwah (RSJ) Kendari dan dirawat di Unit Gawat Darurat.

Inilah fakta bahayanya narkoba jenis flakka

Bentuk Flakaa yang hampir mirip dengan garam mandi itu memang dapat menyebabkan halusinasi, paranoid, & psikosis yang mengerikan. Rollingstone melansir ada lima fakta mengenai Flakka yang perlu diketahui karena sangat membahayakan.

Apa tersebut Flakka?

Flakka merupakan narkoba yang mengandung zat pyrrolidinopentiophenone atau PVP atau alpha-PVP. Awalnya, Flakka merupakan obat sintesis yang dibuat sejak 1960. Flakka terlihat sebagaimana sebagai kristal putih atau pink dengan bau yang menyengat.

Seberapa kuat Flakka?

Seperti gusar mandi, Flakka mensimulasikan efek kokain serta methamphetamine. Itu sebabnya narkoba tersebut sangat populer pada kalangan orang dewasa hingga remaja. Direktur medis Center for Network Therapy Indra Cidambi mengatakan kegembiraan yang disebabkan oleh Flakka jauh lebih memuaskan daripada yang dirasakan seseorang dari obat alami diantaranya kokain.

Mengapa Flakka berbahaya?

Flakka diketahui akan terus melonjak pada suhu tubuh Anda 104 derajat. Suhu tubuh yang sangat tinggi dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Dapat menyebabkan kerusakan ginjal ataupun gagal ginjal, dan bahkan kematian. Flakka juga mampu meningkatkan tekanan darah sampai bisa menderita jantung, stroke, aneurisma, / gagal jantung.

Seberapa kuat efek samping Flakka?

Cidambi menuturkan pemakai Flakka di mulanya merasa gembira, bergairah, terangsang, lebih fokus, dan memiliki dorongan seks yang meningkat. Hanya saja banyak yang menyalahgunakan spesies narkoba ini dan akan mulai merasakan efek sebelah negatif.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *