Hobi Mager? Bahaya Tuh!

Hobi Mager? Bahaya Tuh! – Sepertinya kamu satu dari sekian banyak orang yang hobi  mager (baca: males gerak)? Hayo ngaku…

Ya kerjaan kamu kebanyakan tidurnya gitu kaaan. Enggak sehat lho! Soalnya, otot dan saraf lo bakalan disia-siain gitu aja alias nggak difungsikan sebagaimana mestinya. Hippocrates pernah bilang gini, “Jalan kaki adalah obat terbaik manusia”. Maksudnya? Intinya tuh, kalau kamu mau sehat dan terhindar dari penyakit sering-sering aja jalan kaki alias jangan kebanyakan mager! Hehehe.

Kenapa sih harus jalan kaki? Soalnya tuh, jalan kaki bisa dibilang salah satu bentuk olahraga ringan. Di beberapa negara maju, orang pergi kerja pagi-pagi malah jalan kaki lho, walaupun pada akhirnya mereka naek kereta, bus, dll.

Selain itu, jalan kaki nggak membutuhkan biaya mahal alias gratis kok. Jadi, buat kamu yang suka ngeluh enaknya olahraga apa ya atau kok olahraga tuh mahal ya. Nah,  jalan kaki adalah jawaban terbaiknya.

Berikut ini, bacayuk.com bakalan paparin beberapa manfaat yang bisa kamu dapetin kalau dalam sehari kamu jalan kaki minimal 15-30 menit. Rutin lho ya…

1. Otak Makin Fresh

brain (1)
Kalau kamu tipe pekerja kantoran yang tiap hari mantengin komputer, dengan jalan kaki mampu merefresh otak kamu yang stres. Soalnya nih menurut penelitian, jalan kaki mampu meningkatkan hormon endorfin yang memicu rasa senang dan tenang. Sehingga otak dijamin lebih jernih dan fokus lagi.

2. Otot Makin Kencang

muscle (2)
Kamu tau enggak, dengan jalan kaki sebanyak 10.000 langkah sama halnya kamu kayak olahraga penuh di gym. Otot-otot lo makin kenceng lho. Menurut Arthritis Foundation, dengan jalan kaki minimal 30 menit sehari dapat mencegah yang namanya beragam penyakit tulang atau persendian. Solusi juga buat kamu yang kepengen diet, karena lemak tubuh bakal berkurang.

3. Mencegah Beragam Penyakit

health (3)
Menurut  American Heart Association, jalan kaki dapat membantu proses sirkulasi darah. Sehingga mencegah dari beragam penyakit, seperti stroke, kolesterol, jantung, nyeri punggung, diabetes, hingga darah tinggi. Peran paru-paru dalam memproduksi oksigen pun akan berjalan lebih baik.

4. Memperlancar Pencernaan

digestion (4)
Buat kamu yang mengalami sembelit atau susah pencernaan, dengan jalan kaki mampu membantu dan mengatur sirkulasi pencernaan di usus lho. Selain itu, jalan kaki juga menurunkan resiko kanker usus besar. Jika diimbangi dengan pola makan yang sehat dan konsumsi air mineral yang cukup.

5. Meningkatkan Penglihatan

eye (5)
Dengan jalan kaki, saraf kaki yang terhubung sampai ke indera penglihatan akan berfungsi lebih baik. Dampaknya adalah  membantu menghindari penyakit glaukoma. Pandangan mata pun makin jernih.
Bikin sehat kan? Oya, kamu bisa manfaatin momen pagi atau sore hari buat jalan kaki. Terus nih  pilih area jalan kaki yang sejuk alias bebas polusi ya. Kamu bisa kok sambil dengerin musik, ajak temen, atau bawa binatang peliharaan. Yang penting tuh gerak dan keringetan! Gimana, masih mentingin mager? Kurang-kuranginlah…
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *