Fakta Kenapa Koran dan Buku Bisa Berubah Warna Jadi Kuning

Fakta kenapa koran dan buku bisa berubah warna jadi kuning – Pastinya, dirumah kamu punya koran bekas atau buku-buku lama yang udah nggak dibaca. Selain penuh sama debu, biasanya warna kertasnya berubah jadi kuning. Udah rngga putih kayak saat masih baru. Kenapa yah kok bisa gitu? Apakah itu dipengaruhi sama debu yang nempel? Daripada nebak-nebak dan nggak berhadiah mendingan langsung cari tahu jawabannya dari ilmuwan yang emang ngerti aja lah yah.

Selulosa dan lignin

Via Times of India

Kertas terbuat dari dua komponen utama yaitu selulosa dan lignin. Keduanya merupakan bagian dari batang pohon. Selulosa yang jadi penyusun dinding sel batang pohon dan lignin punya fungsi sebagai molekul yang menjaga biar batang tetep keras plus kuat. Nah, selulosa sebenernya warnanya nggak akan banyak berubah. Yang banyak berubah drastis adalah lignin. Saat kena oksigen secara terus menerus warnanya akan makin menguning.

Via Hermes Terulia Literaria

Nggak cuma itu aja, lignin yang teroksidasi bakal berubah jadi zat asam. Kalo udah begitu, zat asam bakal nyerap gelombang cahaya. Terus apa yang terjadi? Warna cahaya yang dipantulkan kertas bakal jadi lebih kuning.

Bisakah kita mencegah penguningan pada buku lama? Bisa kok. Jangan simpan buku lo di tempat yang lembab karena itu bisa menyebabkan oksidasi. Satu lagi nih, jangan terlalu sering megang kertasnya yah.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *