Bukannya Disangka Gila, 10 Festival Tanpa Busana Ini Justru Banyak Penggemarnya

Mereka seringkali menganggap bahwa ketelanjangan merupakan hal yang lumrah. Sebab, bukankah setiap manusia pun lahir dengan telanjang? Ya, begitulah pandangan mereka.

Apa pendapat Sobat tentang bertelanjang di depan umum? Kalau Sobat hidup di negara-negara timur, jelas akan menganggap bahwa hal tersebut sangat tabu. Salah-salah malah kamu disangka gila. Lain halnya dengan mereka yang erat dengan budaya barat. Mereka seringkali menganggap bahwa ketelanjangan merupakan hal yang lumrah. Sebab, bukankah setiap manusia pun lahir dengan telanjang? Ya, begitulah pandangan mereka.

Alhasil, ada beberapa festival yang sengaja memanfaatkan kebebasan dalam bertelanjang untuk menjadi pemikat. Ya, untuk mengundang banyak turis datang ke negaranya dan menikmati festival telanjang tersebut. Mereka yang datang, wajib hukumnya untuk bertelanjang merayakan kebebasan. Jangankan disangka gila seperti di negara kita, festival-festival tersebut justru dinantikan para penggemarnya setiap tahunnya. Penasaran apa aja? Nih bacayuk.com dapatkan dari beberapa sumber :

1. World Naked Bike Ride. Aksi protes mengurangi emisi gas buang di Eropa yang diikuti hingga 20 negara

semoga nggak masuk angin sih

semoga nggak masuk angin sih via citizen6.liputan6.com

Acara ini merupakan acara tahunan yang ditujukan untuk memprotes kendaraan seperti motor, mobil, dan kendaraan lain yang mengeluarkan emisi gas buang. Festival nyeleneh ini diadakan setiap tahunnya oleh 70 kota di 20 negara Eropa. Saat acara berlangsung, semua orang benar-benar bertelanjang dan mengendarai sepeda berkeliling kota.

Suku Dani di New Guinea Barat, Indonesia, adalah salah satu masyarakat terisolasi di dunia

Kalau kamu misal berminat dengan festival ini, kamu harus yakin dulu kalau nggak bakal ereksi. Pasalnya, Juni tahun lalu, festival sepeda telanjang di Inggris sempat ternoda lantaran ada peserta yang ketahuan ereksi. Dia pun diamankan polisi. Haha. Katanya sih, pria yang ketahuan ereksi itu terlalu menikmati acara dan kelewat bersemangat, akhirnya terangsang deh. Walau namanya festival telanjang, event ini sama sekali tidak berbau seksual dan hanya menekankan pada aktivitas bersepeda. Ada-ada aja~

2. World Body Painting Festival. Ini sih ajang bagi para seniman untuk unjuk gigi dalam berkesenian

senimannya aja nggak telanjang. ini murni berkesenian

senimannya aja nggak telanjang. ini murni berkesenian via www.chinadaily.com.cn

Ya, ini seni rupa namanya. Kini tak lagi sebatas kanvas dan kuas saja, namun mereka malah menggunakan tubuh manusia. Festival yang satu ini selalu ditunggu para penggemarnya di Austria dan Asia Selatan. Jangan salah sangka dulu, dengan melukis di tubuh telanjang ini, banyak karya-karya yang mengagumkan lho. Kalau kamu hadir disana sebagai pengunjung, ya kamu kudu pakai baju. Kecuali mereka para model dari seniman-seniman yang ikut festival itu.

Masih ada 8 festival tanpa busana yang pasti bikin kamu penasaran. Yuk cek di halaman selanjutnya!

3. Tujuan orang pergi ke Jepang nggak melulu untuk menikmati keindahan bunga Sakura aja. Bisa jadi mereka turut andil dalam Hadaka Matsuri

begini nih pakaian dalam versi Jepang

begini nih pakaian dalam versi Jepang via www.giornalettismo.com

Perayaan yang satu ini biasanya diadakan pada bulan Februari yang dingin. Ya disini letak keunikannya, walau udara begitu menggigit, tak seorang pria pun yang mengikuti event ini mengenakan busana. Mereka berkumpul menggunakan pakaian dalam versi Jepang. Kemudian berjalan mengelilingi kota Sadiki di Prefektur Okayama. Untuk mengatasi dingin, mereka menghangatkan tubuh dengan meminum sake dalam jumlah cukup besar. Walau begitu, diantara mereka sama sekali tak ada yang mabuk lho.

4. Running of The Nudes. Kalau kamu tahu soal Running of The Bulls, ini aksi protesnya. Lari keliling kota hanya dengan scarf merah saja

kapan kamu join sama mbak-mbak ini?

kapan kamu join sama mbak-mbak ini? via darkroom.baltimoresun.com

Event ini diadakan setiap tahun di kota Pamplona, Spanyol. Sebelumnya, lebih dulu ada festival yang dikenal dengan Running of The Bulls. Pada festival itu, ada beberapa ekor banteng liar yang dilepas di tengah masyarakat. Masyarakat yang berani, akan mengganggu banteng dan kemudian lari. Kalau ada banteng yang terlalu kasar, maka si banteng akan dibunuh. Nah, menyikapi festival tersebut, kemudian dibuatlah festival Running of The Nudes sebagai aksi protes. Peserta hanya mengenakan scarf merah dan tanduk plastik untuk lari keliling kota.

5. Maslin Beach Nude Olympics. Pantai telanjang udah biasa, kalau lomba menantang adrenalin di pantai sambil telanjang? Nah ini jawabannya!

balap karung mah menantang dari mana -_-

balap karung mah menantang dari mana -_- via adelaidenow.com.au

Udah banyak pantai di Eropa dan Australia yang memberlakukan pantai telanjang. Nah, si pantai-pantai telanjang ini biasanya ramai pada musim panas. Salah satunya yaitu pantai Maslin di Australia. Di pantai ini, pada musim panas juga akan ada festival, yakni aneka lomba-lomba yang menantang adrenalin pesertanya. Syaratnya cuma satu, nggak boleh ada seorangpun yang mengenakan pakaian.

6. Festival Body and Freedom di Kota Biel, Swiss. Katanya sih yang ini pertunjukan telanjang pertama di dunia

katanya sih, seni

katanya sih, seni via media.timeout.com

Seorang seniman Swiss, Imre Thormann, pada 21-22 Agustus 2015 lalu menggelar aksi di sebuah jalan kota Biel, Swiss. Katanya, aksi ini merupakan festival pertunjukan telanjang pertama di dunia yang mereka adakan di muka umum. Tentu dia nggak sendiri, menggandeng 17 seniman asal Eropa. Awalnya memang sepi, tapi makin lama para warga pun berdatangan menyaksikan festival tersebut.

7. Roskilde Naked Run. Festival balap lari telanjang asal Denmark yang jadi pusat berkumpulnya traveler dari berbagai negara di dunia

kalau yang begini syaratnya cuma satu, telanjang

kalau yang begini syaratnya cuma satu, telanjang via klikseru.com

Festival yang satu ini berlangsung tiap musim panas dan selalu didatangi banyak traveler dari berbagai negara. Roskilde Naked Run ini berlangsung selama satu minggu dan juga diselingi dengan pagelaran musik. Berlangsung tepatnya di lapangan yang membentang seluas 80.000 m2. Kegiatan ini murni bertujuan untuk mendatangkan turis mancanegara dan bersenang-senang.

8. Negeri Paman Sam juga punya festival balap lari telanjang yang terkenal. Apalagi kalau bukan Bay to Breakers ~

kalau kamu mau ikut yang ini boleh lho

kalau kamu mau ikut yang ini boleh lho via sfgate.com

Festival yang diadakan di wilayah pantai San Fransisco, California ini memiliki rute sejauh 12 kilometer. Sebenarnya, para peserta Bay to Breakers ini boleh datang dengan beragam kostum. Tapi lucunya, cukup banyak juga yang datang tanpa sehelai benang pun. Yaiyalah mereka yang paling heboh dan mencuri perhatian. Meski tanpa busana, ada beberapa yangd atang dengan mengecat tubuhnya seperti tokoh Avatar dan Spiderman. Ya, suka-suka sih memang..

9. The Great Anual Nude Tunnel Run. Memang sama-sama festival balap lari, tapi yang ini diadakan dalam terowongan gelap sepanjang 1 km. Kamu tertantang?

untung rame-rame, kalau sendiri mah mending neggak

untung rame-rame, kalau sendiri mah mending neggak via i.huffpost.com

Festival ini milik Seladia Baru, bisa dibilang festival balap lari telanjang teraneh di dunia. Gimana enggak, larinya itu sambil ketakutan juga, karena berlokasi di sebuah terowongan gelap Fiordland sepanjang 1 km. Festival ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1998. Ratusan peserta akan berlari menelusuri terowongan sambil memegang obor. Sama kaya uji nyali gitu ya? Eh tapi jangan salah, festival ini menggunakan uang yang didapat untuk menyumbang kepada yayasan kanker payudara di Selandia Baru.

10. Lari untuk persembahan kepada Tuhan di Filipina. Awalnya cuma untuk promosi drama, eh keterusan sampai sekarang

itu patung apa orang hayo?

itu patung apa orang hayo? via sieprizki.blogspot.co.id

Sebuah patung seorang pria telanjang yang juga dikenal sebagai “Persembahan” melambangkan persembahan tanpa pamrih dari negara Filipina. Merupakan event tahunan populer yang diselenggarakan dan diikuti oleh berbagai daerah di Filipina dari persaudaraan Alpha Phi Omega (APO) di kampus yang berbeda tiap tanggal 16 Desember. Acara ini pertama kali muncul pada tahun 1977 ketika seorang anggota APO berlari telanjang di kampusnya untuk mempromosikan drama berjudul Na Bayani (Naked Hero).

Jadi, kamu pilih yang mana untuk kamu kunjungi pertama kali? Atau kamu ada referensi festival telanjang lainnya? Hehee… Jangan mengkhayal di negerimu ada festival beginian. Jangan, Jangan….

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *