Arab Saudi Cabut Larangan Mengemudi Bagi Wanita

bacayuk.com– Raja Salman melakukan reformasi besar di kerajaan Arab Saudi pada Selasa malam, terkait legalitas izin mengemudi untuk kaum wanita. Demikian dilaporkan Guardian, Kamis (28/09/17).

Menyusul keputusan tersebut, kini wanita di Arab Saudi diberikan hak untuk mengemudi dan tidak lagi memerlukan izin dari wali hukum untuk mendapatkan lisensi. Tak hanya itu saja, mereka tak boleh didampingi wali lelaki ketika mengemudi. Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar Arab Saudi di Amerika Serikat (AS), Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz.

Sebelumnya di bulan Juli 2017, seorang wanita bernama Loujain al-Hathloul, harus merasakan dinginnya jeruji besi penjara karena nekat melanggar aturan ini.

Dia ditangkap di Bandara Internasional Raja Fahd di Dammam. Lebih parahnya lagi, dia juga tak mendapatkan akses untuk menghubungi pengacara atau keluarganya. Dia kemudian dibawa ke Riyadh pada Selasa (6/6/2017) untuk diinterogasi oleh para jaksa.

“Tampaknya ia kembali disasar karena apa yang dilakukannya secara damai sebagai seorang pegiat HAM yang berbicara tentang hak-hak perempuan, yang terus dikungkung di kerajaan Arab Saudi,” ungkap aktivis lembaga pemantau hak asasi manusia (HAM), Amnesty International, Samah Hadid.

Ini bukan kali pertama Loujain al-Hathloul ditangkap karena mengemudi. Pada Desember 2014 lalu, dia ditangkap dan ditahan karena berusaha mengemudikan mobil sendiri dari negara tetangga, Uni Emirat Arab, ke Arab Saudi.

“Saya pikir pemerintahan kami mengerti masyarakat kita sudah siap,” katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut, wartawan menanyakan apakah Arab Saudi berencana untuk melonggarkan hukum perwalian, atau mengambil langkah-langkah lain untuk memperluas hak-hak perempuan, Salman tidak mau berkomentar.

Kedatangan pengemudi wanita bisa mengangkat penjualan mobil Saudi hingga 15-20 persen per tahun, seperti yang diprediksikan LMC Automotif.

Merek-merek mewah seperti Lamborghini dan Bentley akan meluncurkan model SUV – kategori kendaraan yang telah terbukti populer di kalangan wanita dan sudah menyumbangkan lebih dari satu dari lima mobi yang dijual di Arab Saudi.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *