5 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan

Ada satu hal yang sering bikin teman-teman kita galau setelah lulus SMA. Bukan, ini bukan soal pacar lo yang tiba-tiba memutuskan untuk pilih kampus di luar kota. Atau juga soal kepastian hubungan lo dengan gebetan yang masih belum menemukan titik terang.

Tapi ini galau gara-gara pusing mikirin jurusan yang bakal diambil saat kuliah nanti. Yap, jurusan kuliah emang jadi salah satu momok yang cukup menakutkan. Wajar. Soalnya, hampir sebagian besar atau bahkan kita semua, pasti pengen banget bisa cari uang sendiri dengan bekerja di perusahaan besar.

Makanya jangan heran, hanya karena masalah jurusan kita bisa galau setengah mati. Meski nggak sampai bikin kita bersemedi di tempat sepi, untuk hal yang satu ini biasanya kita bakal konsultasi ke banyak orang. Mulai dari bokap nyokap sampai guru waktu kita sekolah dulu dipastikan jadi sasaran kegalauan kita.

Namun nggak usah lagi pusing soal jurusan kuliah. Untuk menjawab kegalauan kita, HAI ngobrol langsung sama Dino Martin dari Karir.com.

“Sudah saatnya Indonesia maju dengan industri kreatif, dan kini kita banyak kekurangan supply untuk profesional di industri kreatif,” ujar Dino, CEO Karir.com.

Dino menambahkan bahwa pesatnya perkembangan dunia digital tentu akan menciptakan peluangnya sendiri. Itu sebabnya, menurut Dino, beberapa jurusan di bawah ini akan memberikan profesi yang mantap 4-5 tahun mendatang. Lantas, apa saja jurusannya?

1. DESAIN

Makin Banyak Dicari di Industri

Jurusan yang satu ini emang jadi salah satu favorit buat anak kuliah. Maklum, jurusan ini menawarkan beragam keseruan selama kuliah. Sesuai namanya, anak-anak desain akan banyak mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hal berbau desain, mulai dari pakaian sampai soal web.

Bobby Nasution, Ternyata Ini Pekerjaan Mantu Presiden Jokowi

“Digital sudah mulai bergerak cepat. Pengguna internet di Indonesia sudah tembus di atas 100 juta dengan dominasi pengguna internet mobile. Profesi di dunia digital seperti desainer web akan banyak dicari,” ujar Dino.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa perusahaan nggak sekedar mencari desainer web yang general, alias umum. Menurutnya, perusahaan akan mencari desainer web yang memiliki kemampuan spesifik seperti UX (User Xperience) dan UI (User Interactive Desainer). Kabarnya, nih, dua posisi tersebut punya rentang gaji yang menggiurkan. Wih!

“Untuk UI bisa ambil jurusan desain, sedangkan UX biasanya diambil dari studi marketing research karena jurusan ini membuat orang bisa menganalisa dan membaca customer behavior,” lanjut Dino.

2. STATISTIK

5 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan
Pusing tapi Karirnya Tokcer

Suka atau nggak, jurusan yang berhubungan erat dengan hitung-hitungan, alias matematika ternyata jadi salah satu jurusan yang lulusannya bakal banyak dicari perusahaan. Bukan tanpa alasan, menurut Dino, 4 atau 5 tahun mendatang, jurusan dunia digital Indonesia akan semakin kompleks dan akan memiliki putaran data yang sangat besar. Lebih lanjut, menurutnya perusahaan akan membutuhkan seorang analyst big data yang kuat.

“Statistik juga bisa jadi seorang ahli aktuaria di perusahaan asuransi. Industri asuransi Indonesia saya ramalkan akan menjadi semakin besar dan kebutuhan professional aktuaria akan tinggi,” ujar Dino.

Penasaran sama pekerjaan seorang Aktuaris? soal kisaran gaji minimal yang bisa kita dapatkan, minimal Rp 10 juta.

3. INDUSTRI KREATIF

5 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan
Boleh Dicoba

Industri kreatif ini banyak wujudnya, mulai dari film, musik, sampai digital. Terus di mana kita bisa mendapatkan pelajaran sesuai bidang tersebut?

Wah, itu, sih udah banyak banget, bro! Di kampus-kampus umum misalnya, buat anak-anak yang ambil jurusan Broadcasting, DKV, atau bahkan perfilman, kita sudah punya bekal yang cukup kuat untuk terjut ke dunia film. Mulai dari cara mengoperasikan kamera sampai bikin film pendek, termasuk soal bisnis di dalamnya, itu sudah kita dapatkan.

Terus, bagaimana soal industri musik? Ini juga banyak banget. Sadar akan besarnya peluang kerja yang menjanjikan dari industri ini, beberapa tahun belakangan nama-nama institusi musik kayak SAE, IMI (Institut Musik Indonesia), dan IMDI (Ikatan Musik Daya Indonesia) jadi beberapa tempat yang dituju teman-teman kita yang pengen konsen di bidang musik.

“Ketiga industri ini (Film, Musik, dan Digital) diprediksi akan menjadi industi yang besar,” tutur pria ramah ini menjelaskan.

“Industri kreatif sebenarnya besar, tapi sampai sekarang nggak berubah jadi baik. Itu sebabnya, aku pengen mencetak orang-orang yang memang ahli di bidang ini khususnya animasi,” lanjut Erix saat ditanya soal salah satu proyeknya yang bernama DOES University.

4. KEDOKTERAN

5 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan
Dokter Makin Dibutuhkan

“Saya rasa profesi ini akan terus langgeng,” timpal Dino saat ditanya soal jenjang karir lulusan dari jurusan kedokteran.

Dari dulu sampai sekarang, Kedokteran jadi salah satu jurusan mainstream paling banyak dipilih buat meneruskan jenjang pendidikan kita. Alasannya jelas. Jurusan ini dinilai mampu menelurkan lulusan yang punya prospek kerja menjanjikan di masa mendatang. Mulai dari dokter umum, sampai dokter-dokter spesialis kayak mata, gigi, atau bahkan penyakit dalam.

“Kedokteran jadi salah satu yang cukup luas prospek kerjanya. Hampir semua manusia membutuhkan peran seorang dokter untuk mengobati penyakitnya,” ujar Ida, salah satu mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.

Ya, bisa dibilang jurusan Kedokteran punya prospek kerja yang luas banget. Lagian, siapa, sih, yang nggak butuh peran dokter di dunia ini?

5. TEKNIK KOMPUTER

5 Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan
Dibutuhkan di Era Digital

Jurusan ini nggak beda jauh kayak statistik, sebagian besar akan berhubungan dengan logika dan hitunghitungan rumit ala matematika. Yap, untuk masuk di jurusan ini, kita harus siap-siap mental menghadapi seabrek tugas yang diberikan.

“Kalau ngerjain tugas ya begadang gitu. Mesti teliti, kalau salah ya ngulang lagi! Hahaha…,” ujar Adit, salah satu mahasiswa jurusan Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Meski terkesan berat dan ‘sadis’, nyatanya lulusan dari jurusan ini cukup diminati perusahaan, baik itu yang kecil atau besar. Mengingat bahwa sekarang tren perusahaan start up berbasis teknologi dan digital sedang naik daun. Itu artinya, banyak lulusan dari jurusan ini dibutuhkan oleh perusahaan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *